MagzNetwork

kewajiban bukan paksaan

Diposting oleh Mastindi | 07.15 | | 0 komentar »




tidak ada paksaan dalam agama (QS 2;256)



ayat di atas terkadang di jadikan sebagai argumen bagi sebagian kaum muslimin untuk menghindari kewajibannya sebagai seorang muslim, padahal bukan pada tempatnya ayat tersebut di jadikan suatu alasan , padahal sebenarnya mereka malas dalam menjalankan perintah Allah.


Asbabun nuzul ayat tersebut sebenarnya berkaitan dengan teguran Allah kepada para sahabat, melalui lisan rasulullah yang menyampaikan isi kitabnya agar tidak memaksa keluarganya untuk masuk ke dalam Islam.


dalam hal ini saya akan memberikan sebuah analog atau kiasan " yakni sebuah lembaga ' katakanlah sekolah pasti !,. pasti mempunyai aturan atau etika sebagai tata tertib yang berlaku dalam lembaga tersebut, dan peraturan itu berlaku secara mutlak bagi siapa saja yang masuk dalam institusi tersebut, tapi bagi siswa/siswi yang tidak menimba ilmu di sana tentulah mereka bebas,. tidak terikat dalam aturan yang ada pada lembaga sekolah tersebut, namun sebaliknya bila mereka mendaftar dan masuk menjadi murid di sana maka aturan itu dengan sendirinya berlaku secara otomatis, dan aturan tersebut di buat tentunya dengan tujuan untuk kebaikan bersama. intinya tak ada paksaan untuk masuk dalam lembaga tersebut, namun bila sudah bergabung secara mutlak aturan yang ada harus di patuhi.


bagaimana dengan aturan Islam ? Allah maha pencipta , Dia mengetahui apa yang terbaik untuk hambanya, aturan Islam (Allah) sangat Fitrah , sangat sesuai dengan sifat dasar dan karakter manusia,namun terkadang kita merasa aturan tersebut sebagai belenggu.


sebenarnya selama perintah itu menyangkut ibadah yang bersifat ritual individual, yakni hanya melibatkan dia dengan Allah, adalah haknya, antara di abaikan dan di tunaikan karena semua bertanggung jawabannya akan di tanggung sendiri oleh yang bersangkutan di hadapan Allah, namun manakala ibadah tersebut berkaitan dengan kewajibannya terhadap sesama manusia, yakni adanya hak orang lain yang harus di tunaikan , karena merupakan amanah Allah , maka mau tak mau harus di paksa, seperti zakat dan apa yang telah dipraktekkan oleh sayyidina Abu Bakar.


apa yang saya paparkan merupakan pendekatan melalui sebuah contoh, tidak sama persis memang namun paling tidak untuk mendekatkan pemahaman kita pada subuah ungkapan dengan bahasa yang dekat dengan kita, agar mudah dan sederhana dalam pengertiannya. insya Allah.. dan semoga berfanfaat


Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda