MagzNetwork

Adab makan

Diposting oleh Mastindi | 04.02 | | 0 komentar »

Islam adalah agama yang paling sempurna, adapun kesempurnaannya di wujudkan dgn adanya adab dan tata cara dalam segala hal tidak terkecuali saat kita makan,

Bagaimana adab makan dalam Islam ?

Dalam sebuah kitab (syarah tanbihul ghafilin penerbit darul-fikr yg disusun oleh ,Abu latis nasir bin Achmad bin Ibrahim as-Samarkandi pada halalan 343 pada bab Fi adabi akli
Dijelaskan “

1. sangat disukai sebelum makan kita mencuci tangan (al-hadits)

2. jangan makan makanan yang panas, karena nabi bersabda “ dinginkan makanan karena pada makanan yang panas tidak ada keberkahan

3. jangan meniup & bernafas dalam makanan dan minuman sebagaimana sabdanya “ janganlah kamu meniup makanan dan minuman karena itu seburuk buruk prilaku dalam hadits yg lain “nabi melarang meniup dan bernafas dalam bejana.

4. Jangan makan dan minum sambil berdiri “janganlah kamu minum sambil berdiri (al-hadits)

5. Memulai dengan basmalah atau membaca Bismillah fiakhirihi bila lupa (al-hadits)

6. Makan dengan tangan kanan sebagaimana sabdanya “ janganlah salah seorang di antara kamu makan dan minum dengan tangan kiri, sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kiri.

7. Sunnah untuk tidak mengambil makanan dari tengahnya

8. Mengambil dengan segera makanan yang terjatuh sabdanya “apabila jatuh sebutir makan maka hendaklah kamu mengambilnya.

9. Jangan menyisakan makanan walau hanya sedikit di piring, karena kita tidak tahu di butir mana keberkahan makanan itu beerada (al-hadits)

10. Menjilat tangan sebelum membasuhnya

11. Membaca hamdalah setelah selesai.

Inilah sedikit tata cara dalam makan, yang dalam kitab yang lain lagi kita akan menemukan adab yang lebih ringkas atau bahkan lebih disempurnakan lagi.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda