MagzNetwork

Membuka paswood di bios

Diposting oleh Mastindi | 08.34 | | 0 komentar »

Sekedar berbagi pengalaman , suatu ketika seorang ikhwan datang ke rumah minta tolong karena ada masalah dengan komputernya , setelah cek sana cek sini maka diputuskan kompi harus di eksekusi, wah !..serem banget yah !.. maksudnya sistem windowsnya yang harus di delet habis dan di ganti yang baru.

Maka mulailah diadakan acara ritual instal ulang dgn segala persyaratannya,. He he he namun begitu masuk windows,.. kaget bukan karena ada hantu tapiii.. matherboat terkunci dengan paswood,. Maka mulailah yang punya di interogasi asal muasal kampi untuk ditelusuri siapa yang terakhir punya untuk di mintai pertanggung jawabannya mengingat sandi menboat, ternyata hasilnya buntu.

Setelah rehat sejenak menenangkan pikiran, maka dimulailah otak bekerja, secara logika sederhana dan menurut pengalaman tentunya sandi tersebut bukan berasal dari produsen menboat tapi dari pihak yang melakukan instalasi dengan menset enabel pada paswood dan sekaligus memberinya sandi, dan sandi tetap berjalan selama ada aliran listrik pada matherboat baik melalui bateri kecil maupun listrik, kalau begitu sandi tersebut dengan sendirinya akan tidak aktif kalau aliran setrum tadi di matikan. caranya !..

Cabut semua aliran listrik yang mensuplai setrum ke CPU, sudah cukup ? belum !.. karena masih ada baterai di matherboat yang berfungsi untuk mendeteksi semua hadwer yang terhubung ke menboat,maka caranya ! cabut jemper yang ada di samping batre kecil , karena jemper tersebut berfungsi sebagai saklar atau penghubung aliran setrum baterai kecil tsb,. Bila tidak ada ? maka cabut saja baterainya hati-hati sebab kalau bateri rusak atau mati maka masalah baru akan timbul, setelah cara ritual tersebut dilakukan insya Allah matherboat akan bebas dari sandi.

Lalu selanjutnya lakukan seting bios seperti biasa yakni mengarahkan boting kompi kepada CD atau DVD rom. Sesuai merk matherboat yang kita punya.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda