MagzNetwork

Menyalurkan zakat juga ciri Mukmin

Diposting oleh Mastindi | 22.59 | | 0 komentar »

وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ
Dan orang-orang yang menuanaikan zakat (QS 23;4)
Al-hamdulillah dapat kembali melanjutkan kajian ciri orang yang beriman sebagai sambungan dari taklim sebelumnya yakni menjauhi hal-hal yang tidak berguna .

Diantara ciri mukmin ialah menunaikan zakat, sobat sekalian Zakat adalah bahasa Arab, maknanya adalah pensuci, itu lantaran dalam harta kita ada hak orang lain yang Allah titipkan, nominalnya hanya sedikit dari sekian banyak harta kita, maka tentunya karena bukan hak kita harta tersebut, merupakan keniscayaan untuk kita serahkan kepada yang berhak. "Menyerahkan bukan memberikan .
Dan sebagai kompensasi  dari kepatuhan kita mengikuti prosedur syara, maka Allah memberikan sesuatu sebagai wujud balasan kepatuhan kita. 
pertama : Harta yang kita serahkan menjadi pensuci dari harta kita, karena tidak lagi bercampur dengan hak fakir dan miskin
kedua : mengurangi jurang kesenjangan antara Aghniya dan fuqara.
ketiga : limpahan harta tidak berputar dan berhenti pada satu golongan , yakni hanya berada di sekitar aghniya, tapi terjadi pemerataan.
ke empat : tentunya limpahan pahala dari Allah sebagai janjinya.

       Zakat dalam al-Qur,an banyak di gandengkan dengan perintah shalat, yang mungkin maknanya , selain kita Shalat sebagai bentuk pengagungan seorang hamba kepada Allah, juga dengan zakat kita menjalin hubungan sebagai sesama makhluknya.
      
        seorang aghniya yang sengaja menahan zakat hartanya kepada yang berhak, pada hakikatnya lebih jahat dari perampok dan pencuri, karena pencuri dan perampok hanya mengambil harta orang-orang kaya, adapun aghniya yang tidak menyalurkan zakatnya kepada yang berhak , lalu mengklaim harta adalah hasil usahanya berarti miliknya, tanpa menyertakan Allah sebagai pemberi rizeki sebenarnya telah merampok harta fakir dan Miskin.

naudzu billah min dzalik.

Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda