MagzNetwork

Menjaga lisan ciri Mukmin

Diposting oleh Mastindi | 23.15 | | 0 komentar »

والذين هم عن اللغو معرضون
dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,(QS 23;3)
lanjutan dari artikel SEBELUMNYA
Ciri orang beriman selanjutnya adalah meninggalkan ucapan sia-sia “Ucapan sia-sia , artinya yang sia-sia saja ia mau tinggalkan, padahal secara syar’e mubah, apalagi yang keji, karena memang seorang Mukmin akan selalu berhati hati terhadap hal yang tidak memberi manfaat, apalagi jika sampai mendatangkan mudharat baik bagi dirinya maupun terlebih kepada orang lain sebagaimana yang di tausihkan baginda yang mulia (potongan haditsnya)
“jika kamu beriman  kepada Allah dan rasulNya hendaklah berkata yang baik atau diam..(al-hadits)
Menjaga lisan adalah implementasi dari pelaksanaan shalat , yakni “Tanha anil fahsha wal mungkar, Fahsya berarti kata-kata tak senonoh baik berupa umpatan, makian hinaan , celaan, kotor maupun kata yang tak pantas lainnya.
Seorang Mukmin, yang senantiasa menjaga posisinya dalam koridor yang diridhai Allah tentu yakin , ‘bahwa tidak ada satu huruf/lafadz yang luput dari pengawasan Allah, sebagaimana firmannya.
ما يلفظ من قول إلا لديه رقيب عتيد
Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. (QS 50;18)
Bahkan nabi menjamin dengan sebuah haditsnya
Salamatul insan li hifdzil lisan (selamatlah manusia bila mampu menjaga lidahnya)
Ada beberapa dosa yang disebabkan lidah, dari gihab, fitnah, adu domba, ucapan keji kotor, mengumpat dan beberapa hal lagi yang mengakibatkan pelakunya terjerumus ke dalam neraka, masihkah kita tetap mengumbar ucapan sia-sia atau malah lebih mudharat lagi..ingat !.. semakin banyak kita bicara semakin banyak kita bersalah, dan semakin tahulah orang siapa kita,. Dari ucapan kita boleh jadi kata kata tak senonoh, bohong dan berderet deret hal negatif lainnya, yang menjadi menghalang kita menuju surganya..

Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda