MagzNetwork

VGA bermasalah

Diposting oleh Mastindi | 15.16 | | 0 komentar »
Sobat sekalian , pernah enggak suatu ketika saat kita menyalakan komputer pc setelah terdengar bunyi  kipas prosesor menyala, ada suar “Tit !.. satu kali dari mikrofon mb (menandakan tak ada masalah di setingan hadwer) lalu lampu di kiboard berkedip dan diam, tapi layar monitor tetap blank.

Pengalaman tersebut saya alami sendiri, dan celakanya saya bukan ahli IT maupun teknisi , saat itu kita atau saya mengira yang terjadi adalah masalah ada pada Ram, setelah Ram dibersihkan tetap monitor tak ada tanda-tanda kehidupan, langkah selanjutnya langsung lebih extrim, yakni membongkar total komputer dan memeriksa prosesor setelah cek sana sini ternyata pros. Tak ada masalah, lalu dipasang kembali semua 

peralatan ,lalu dihidupkan .. Hmmm.. tetap tak ada perubahan.

Langsung aja deh kelamaan...

Ternyata masalah ada pada Slot VGA externalnya, sebagaimana kita ketahui VGA baik internal maupun external  berpungsi menghantar gambar ke layar monitor, semakin besar VGA maka semakin halus resolusinya, dan semakin baik untuk memainkan Games dengan resolusi tinggi, bukan hanya itu sangat cocok untuk desain grafis , maka bila ada masalah di VGA otomatis Gambar tidak sampai ke layar monitor.

Bila anda mengalami hal tersebut cobalah lepaskan secara hati-hati slot VGA lalu gantilah dengan VGA yang lain, dan lebih mudah kalau Mb kita onboard atau mempunyai VGA internal.

Tutorial di atas berdasar pada pengalaman saya dalam menangani beberapa warnet , baik milik keluarga sendiri maupun famili dan juga orang lain yang memakai jasa saya, tapi tidak Mustahil ada kerusakan lain yang membuat gambar tidak dapat tampil ke layar monitor.

Sekian semoga bermanfaat.


Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda