MagzNetwork

METODE DAKWAH

Diposting oleh Mastindi | 23.18 | | 0 komentar »
Islam sampai kepada kita karena tongkat estapet dakwah terus bergulir di bawa oleh para dai dari pusat Islam di Mekkah dan Madinah sehingga sampai rumah-rumah kita.
Ada metode dalam berdakwah yang masing-masing saling berhubungan (sebenarnya), ada alur atau tahapan dalam berdakwah, dan setiap tahapan tentunya punya teknik dan penyampaian yang berbeda.

Pertama : Tabligh , artinya menyampaikan,  bahasa Tabligh ialah bahasa promosi, di mana materi yang di sampaikan berupa tema, dan bahasannya mujmal atau global tidak literlux atau terperinci.

Tabligh biasanya dapat kita lihat dan dengarkan dengan jamaah yang tidak tetap atau lebih familiarnya di sebut ceramah, dalam ceramah materi yang disampaikan hanyalah garis besarnya saja dikesankan instan, tidak di bahas tehknisnya atau kaifiyahnya, contohnya, anjuran untuk melaksanakan shalat, dalam tablig atau ceramah tidak di bahas bagaimana tata cara wudhu dan shalat itu sendiri sampai ke salam, tidak di bahas .

Kedua : Taklim , maknanya belajar, jika tablig bersifat promosi maka taklim bersifat pendalaman suatu materi bahkan satu bidang disiplin ilmu, dan di taklim itulah letak sebenarnya belajar karena dalam taklim setiap ilmu di bahas pasal demi pasal bab demi bab, selain itu ada referensi berupa kitab atau buku sebagai pegangan, baik untuk mencatat maupun sebagai pokok bahasan, selain itu jamaahnya selalu tetap dan intensif kehadirannya dan itu mesti, karena bahasan selanjutan merupakan lanjutan dari pelajaran sebelumnya.

Taklim pun terbagi setidaknya menjadi dua.

Pertama : hanya sebagai wacana keilmuan dengan pendalaman objek fokusnya kepada teori.

Kedua : bersifat tarbiyah atau pembinaan , dalam taklim tarbiyah ini selain ada pendalaman suatu disiplin ilmu juga ada pengkaderan, ada doktrin doktrin khusus yang bertujuan untuk kaderisasi dakwah, biasanya model taklim seperti ini di pakai oleh sebuah organisasi besar dengan suatu tujuan.

Namun yang jelas , dakwah selain objeknya harus ada tujuannya juga harus jelas materinya bisa tetap  namun metodenya harus selalu di update, di sesuaikan dengan kemajuan jaman, agar dakwah bisa diterima semua kalangan.


Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda