MagzNetwork

Manfaat mengulang suatu materi

Diposting oleh Mastindi | 07.46 | | 0 komentar »
Ibnu Katsir dalam tafsirnya  menerangkan dengan sebuah hadits sebagai uraian dari surat al-‘alaq pada ayat pertamanya  , yakni malaikat Jibril sampai mengulang-ulang kalimat “IQRA sebanyak tiga kali.

Salah satu hikmah yang dapat kita ambil
ialah, suatu objek atau ayat atau kajian
ketika di ulang ulang selain akan menambah pemahaman baru, juga menambah berkembangnya pemahaman kita terhadap sesuatu ayat, bahkan dengan mengulang-ulang akan menjadika kita dari tidak tahu menjadi mengerti.
 

Rasulullah selalu mengulang ulang (muraja’ah) materi dari setiap ayat yang turun, juga membacakannya kepada para sahabat dengan mengulang ulang..

Seorang khatib jum,at , dan morabbi tidak perlu membuat 4 atau 5 konsep untuk mengisi khotbah di 4 tempat  jika berbeda dalam satu bulan , cukup satu konsep dengan sendirinya selalu mengalami perkembangan setiap kali di sampaikan.
Karena itulah jangan pernah jenuh atau bosan mendengar ceramah, khotbah atau tausiah dengan materi yang sama, meskipun benar-benar mirip , bahkan bila kita sampai hafal di situlah disebut ilmu bagi kita, karena makna ilmu adalah tahu, Dan belum disebut ilmu bila masih tertulis di buku, kitab,berupa fail di pc atau leptop kita , atau di kepingan cd atau dvd.
Dalam sebuah ungkapan dikatakan
“AL-ILMU MAKHFUDZUN, artinya (ilmu itu harus di hafal) atau dipelihara dalam memori otak kita.
 


Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda