MagzNetwork

Fitrah manusia

Diposting oleh Mastindi | 07.34 | | 0 komentar »
Sekedar sharing melanjutkan bahasan kita siang tadi, saya melihat dan memahami dari ungkapan  sisi yang paling mudah kita fahami sebagai orang awam.

Pertama : Zuyyina/dihiasi ini merupakan takdir yang menjadi fitrah manusiawi artinya sifat ini sudah terintegrasi dalam penciptaan kita.

Kedua : linnasi /untuk manusia (khusus manusia saja) ini dapat kita fahami bila kit abaca secara utuh , yakni tidak mungkin selain manusia senang kepada Emas atau kendaraan.

Ketiga : Hubbush shahawati / kecenderungan menyukai dan disinilah entri poinnya., yakni

a.    Minannisai wal banina /Kepada istri dan anak-anak sebagai pendamping yang melayani dan memahami kita juga anak – anak sebagai generasi penerus  keturunan atau keluarga.

b.    Wal qanatiril mukantharati minadz dhahabi wal fiddhati wal hailil musawwamati/harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, hal tersebut sebagai  symbol strata social , atau kedudukannya secara social di mata masyarakat.

c.    Wal an’ami wal hartsi/binatang-binatang ternak dan sawah ladang , juga merupakan symbol dari kesuksesan karir.

Kesemuanya itu merupakan “mata’ul hayatat dunya/ kesenangan kehidupan di dunia ,Namun yang perlu digaris bawahi dan menjadi perhatian ialah

“Wallahu ‘endahu husnul maab/dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.
Artinya, bagaimana kita mampu dengan Iman sebagai karunia tertinggi yang Allah anugerahkan kepada kita, kita mampu menjadikan semua itu sebagai wasilah yang akan menghantarkan kita tetap berada dalam koridor ridha-Nya.

Sehingga Allah menjadikan kita pantas kembali kepada sang pemberi kenikmatan tersebut dengan balasan surge, sebagai tempat kembali yang paling baik.

apa yang saya sampaikan sekedar apa yang saya fahami, untuk memahami lebih dalam lagi perlu waktu khusus agar kita bisa mengclerkan ayat ini dengan ayat yang lain hingga saling mendukung dan melengkapi.


Wassalam.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda