MagzNetwork

memahami kalimat la ilaha illallaha

Diposting oleh Mastindi | 18.29 | | 0 komentar »
Membahas kalimat Tauhid butuh waktu yang benar benar luang, namun sekedar sharing saya  akan sedikit paparkan uraian kalimat tersebut, secara lughat dan syar’e.
“Mifatahul jannah “LAILAHA ILLALAHA (kunci surga ialah ‘lailaha illallaha) al-hadits
Begitu mudahnya masuk ke dalam surga, bahkan dalam hadits yang lain nabi bwersabda “ Man qala lailaha illalllaha , dakhalal jannah ( Siapa yang mengucapkan “LAILAHA ILLALLAHA ,pasti masuk surga)
Namun faktanya, mengapa orang Arab Quraisy terutama, mereka begitu fobia dan antipati mengucapkan kalimat tersebut, padahal imbalannya adalah surga, dan saat itu Rasulullah, apapun yang disampaikan selalu dipercaya, sehingga mendapat gelar al-amin.

Jawabannya, bangsa Arab adalah bangsa yang sangat mengagungkan sastra, yakni keindahan suatu ungkapan dan kedalaman maknanya, sehingga setiap tahun para penyair berkumpul membuat pertandingan/perlombaan sipakah yang paling bagus membuat suat seni gaya bahasa, dan pemenangnya selain mendapat penghargaan juga dapat mengangkat martabat qabilahnya, dan yang lebih membanggakan lagi bait sastranya ditempelkan di dinding ka’bah.

Lalu apa relevansinya dengan kalimat tauhid ? ( lailaha illallaha) , ternyata kalimat tersebut adalah kalimat sumpah, atau baiat kepada Allah, yang konsekuensi bagi yang mengucapkan ialah, ialah ia harus meninggalkan sesembahan - sesembahan yang telah diwariskannya oleh nenek moyang mereka, bahkan mereka telah menganggap sebagai peninggalan ajaran nabi Ibrahim. Naudzu billah, sehingga wajar pada masa itu jumlah patung di sekitar ka’bah lebih dari 300 buah.

Selanjutnya saya ingin sedikit berbagi pengetahuan, atau bernostalgia dengan rekan yang sudah paham, tentang kalimat tersebut.

Pertama :kalimat “LA, disebut ‘ LA li nafyil jinsi , yakni LA , YANG MENIADAKAN SEMUA JENIS, LA ini jarang terpakai dalam al-Qur,an kecuali hanya di beberapa tempat , karena yang terbanyak ialah LA nafi (peniadaan) LA nahi (larangan). Lalu apa yang ditiadakan oleh LA jenis ini ? yakni kalimat selanjutnya

Kedua : ILAHA (tuhan) inilah yang ditiadakan oleh LA di atas , artinya semua jenis tuhan, dan tentunya kita paham, tuhan itu banyak sekali , berikut ta’rif atau definisi tuhan secara umum “ Tuhan ialah sesuatu yang kita rela didominasi olehnya, sehingga al-qur,an mengatakan ilahaka hawaka (tuhanmu adalah hawa nafsumu).. contoh lainnya : kita rela hidup kita didominasi oleh pekerjaan kita, sehingga kita melupakan kewajiban sebagai makhluk. Dan faktanya kalimat “ILAHA , tidak hanya merujuk kepada Allah, namun juga kepada yang lainnya.

Ketiga : perlu kita pahami juga, telah masyhur dalam qaidah tata bahasa Arab , kalimat LA , selalu menyembunyikan khabar/beritanya (dalam konteks ini kalimat ilaha berlaku sebagai mubtada/permulaan, padahal mubtada/permulaan selalu diiringi oleh khabar/kalimat berita), lalu apa yang disembunyikan (dalam hati kita).. nah !..di sini tergantung tingkat keimanan kita, dalam beberapa kitab tauhid, kalimat yang disembunyikan ialah “MA’BUDUN (yang wajib di ibadah) , sehingga lengkapnya “Tidak ada tuhan (yang wajib di ibadahi atau disembah) kecuali Allah. Inilah yang membuat para kafir Qurais enggan mengucapkan kalimat Tauhid, karena dalam sirah telah kita ketahui para kafir quraisy selain menyembah Allah , mereka juga menyembah yang lainnya, seperti latta , ‘uzzah, manat dan hubal.

Ke empat : ILLA (istisna) pengecualian , yakni di kecualikan dari tuhan tuhan yang disembah.

Ke lima : Allaha , dibaca Fathah atau dhommah (Mustasna),dikecualikan dari tuhan itu ialah “Allah , ada pun ulama ahli lughat/bahasa membaca Fathah dengan alasan , karena Allah bukan ilah/tuhan seperti tuhan-tuhan yang ditiadakan oleh kalimat “LA. Adapun dengan membaca Dhommah , karena Allah adalah juga tuhan namun di kecualikan dari tuhan-tuhan yang ditiadakan oleh kalimat “LA.


Mohon maaf , meski tulisan ini panjang namun uraian sebenarnya lebih dari ini.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda