MagzNetwork

Nikmat tidur

Diposting oleh Mastindi | 08.13 | | 0 komentar »

Tidur adalah salah satu nikmat Allah diantara sekian banyak nikmat Nya tak tak terhitung, bagi sebagian orang yang sedang letih karena kesibukan dalam bekerja, kata tidur terasa lebih menyenangkan di telinga bahkan lebih merdu dari nyanyian apapun, laksana Beduk maghrib di saat puasa.

Dalam sebuah artikel tentang kesehatan saya pernah membaca, tentang sebuah penelitian dengan media beberapa ekor anjing yang dikurung dalam dua kandang, pada kelompok kandang pertama dibiarkan tidur namun diberi makan, dan pada kandang kedua dibiarkan makan namun tidak dibiarkan tidur, dgn cara dibunyikan suara suara keras, intinya dilakukan berbagai cara agar anjing di kandang kedua tidak dapat tidur,. Dan hasilnya di hari ke tiga, satu persatu anjing di kandang kedua (yg tidak tidur) mati , adapun di kandang pertama juga mati tapi pada hari ke lima.
Pernah membaca atau mendengar tahanan AS di Guantanamo ? mereka adalah saudara saudara kita yg se Iman yang di tahan karena tuduhan teroris, diantara siksaan yang di lakukan tentara AS adalah menyiksa tahanan dgn tidak dibiarkan dapat tidur,. Itulah siksaan pisik yang paling menyakitkan di antara yg lain, dapat kita gambarkan pada saat kita susah tidur padahal dalam rumah sendiri.

Tidur yang di awali rasa kantuk adalah reaksi tubuh agar kita istirahat, dan adalah tindakan bijak dan termasuk diantara akhlak kita terhadap tubuh kita, sebagaimana yg disabdakan rasulullah, yang intinya tubuh kita juga punya hak., maka bila kita mengantuk tidurlah, jangan kita tahan dgn obat kecuali utk suatu keperluan yang sangat urgen.dalam sebuah ayat Nya Allah berfirman.

dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, (QS 78;9)

Ayat tsb tentunya tidak hanya sekedar mengatakan “tidur untuk istirahat, namun lebih dari itu, kata istirahat itulah yang perlu kita maknai, artinya tidur yang kita lakukan adalah karena letih dari sesuatu hal yang telah dapat atau sedang kita kerjakan, terlebih hal itu banyak memberi manfaat bagi orang lain, alangkah indahnya bila kita bangun dari tidur ada sesuatu karya yang kita dapat lihat dan saksikan yang kita lakukan sebelum tidur, itulah (mungkin menurut saya) tidur sebagai media istirahat, karena betapa banyaknya orang yang tidur , bukan karena lelah tapi karena kebiasaan, lalu mengantuk ,tidur bermimpi, tanpa ada hal yang di banggakan pada saat bangunnya.
Karena itu,.Syukuri nikmat Allah berupa tidur ini, dengan makna yg sesungguhnya,karena pada saat tidur kita seperti berlatih mati, ini dapat kifahami dari doa tidur yang artinya,

“dengan nama Allah aku hidup dan dengan nama Allah aku mati” (al-hadits)

Dan juga bangun doa dari bangun tidur yang artinya

“segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada Nya kami pasti kembali. (al-hadits).
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda