MagzNetwork


Kalimat Ini (UMMU) terdiri dari Alif Dan Mim, tahukan anda , I’raf atau perubahan dari kalimat ini mempunyai makna yang Indah dan pengaruh dalam kehidupan kita ?
UMMU, berarti Ibu yang melahirkan kita, bahkan guru yang pertama sebelum seorang anak mengenal lembaga pendidikan formal, dari Ibulah seorang anak kelak mau jadi apa, Bahkan Rasulullah bersabda “Surga di bawah telapak kaki ibu,.(al-Hadits) saya memaknai, mungkin yg dimaksud dgn telapak kaki adalah langkah langkah yg diambil seorang ibu dalam memberikan pendidikan pada anaknya, yang akan menentukan surga dan nerakanya seorang anak, atau jejak jejak ibu yg di ikuti seorang anak memberikan bekas dalam kehidupannya, bila di kaitkan dgn hadits yg mulia “ (Setiap bayi lahir dlm keadaan suci, kedua orang tuanyalah yg akan menjadikan dia Yahudi atau Nasrani), bukankah kewajiban org tua kpd anaknya ada tiga, memberikan nama, pendidikan dan menikahkan, yg ke tiganya berkait erat dgn idiologi orang tua terutama ibu yg lebih dekat kpd anaknya.

UMMAT, adalah kelanjutan dari kalimat UMMU, dan juga kelanjutan dari hasil bagaimana seorang ibu mengolah dan memberikan warna pada anaknya, namun kalimat UMMAT yg maknanya golongan , kalimat tsb tak pernah disandari atau bermajemuk dgn kalimat Kafir seperti Ummatkafir, tapi selalu bersandaran dengan kalimat Muslim atau Mukmin Ummat Islam, atau Ummatan wasathan. Ini adalah isyarat bagi seorng Ummu atau ibu bagaimana menjadikan anaknya kelak betul betul menjadi anak yang Qurrata ‘uyun (penyedap mata memandang) wahai Ummahat, didiklah putra putrimu menjadi bagian dari barisan Ummat.
IMAMUM berarti pemempin, seorang pemimpin haruslah merupakan bagian dari Ummat, kita di ajarkan dalam shalat “bahwa yang kita angkat harus bagian dari kamu bahkan memilih pemimpin harus dari kamu bukan dari mereka (QS 4;59), dalam hal ini juga sangatlah besar peran seorang Ummu atau Ibu, maka sebuah pameo mengatakan “Singa tidak akan lahir melainkan dari rahim seekor Singa, yakni orang besar tidak akan lahir melainkan dari seorang ibu yang hebat.

Masih menyangsikan peran seorang ibu ? bila anda menjadi berilmu semisal profesor berarti ibu anda adalah ibu professor betapapun lebih rendah tingkat pendidikannya,. Selanjutnya untuk adik adik pemuda yang ingin mencari pendamping hidup “ carikan Ibu untuk calon anakmu yg berjiwa besar, dan mau berkata, “nanti bagaimana, bukan “bagaimana nanti., dan ibu seperti itu tak pernah di dapati di tempat dugem dan diatas jam 9 malam di jalanan, pendek kata ibu seperti itu tak kan ada di tempat maksiat .
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda