MagzNetwork

membuat tulisan Arab di photo shop

Diposting oleh Mastindi | 07.35 | | 0 komentar »

TULISAN ARAB FORMAT JPG ATAU PNG

Sohib pembaca ,mungkin pernah melihat  tulisan Arab baik kaligrafi maupun bukan di face book,blogg maupun Web lainnya dengan format jpg atau png,susah sih enggak bikinnya ? gak susah !.. hanya perlu sedikit kreativitas adapun syaratnya

1.     Di windows kita sudah terinstal aplikasi Arabic, di Windows XP kalau gak lupa saya pernah posting caranya, adapun Windows 7 & 8 sepengetahuan saya sudah terintegrasi dengan Windowsnya  .

2.    Keyboard yang kita pakai juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa, untuk memudahkan kita mengetahui letak hurufnya, tapi kalau susah beli saja yang sudah ada huruf Arabnya namun sedikit lebih mahal.

3.    Agar lebih leluasa memilih huruf tambahkan Font Arab, silahkan browsing di google.

4.    Microsof Office yang 2010,kalau yang 2007 instal dulu aplikasi merubah format word ke format pdf.

5.    Photo shop cs 3 atau 2 (contoh yang saya pakai cs 3)
Lalu bagaimana caranya ?

1.     Bukalah Office 2010 anda, lalu ketiklah ayat atau hadits yang anda ingin buat,jangan lupa seting format hurufnya yang di pojok bawah kiri kepada format huruf Arabic.

2.    Setelah selesai ,klik kiri atas , File à save & send à Create PDF /xps document à Create PDF/XPS lalu klik kemudian carilah lokasi dimana anda akan menempatkan dokumen tersebut sebelum di upload ke photo shop.

3.    Buka aplikasi Photoshop anda,lalu klik open --- silahkan browsing di mana anda menyimpan file forma pdf tersebut.

4.    Setelah terbuka biarkan setingan seperti apa adanya anda tinggal klik oke.

5.  Selanjutnya kita tinggal menyimpan file tersebut dengan format yang kita inginkan, mau format jpg atu png, caranya klik di pojok kanan atas --- file---save as --- setelah muncul kotak dialog pada kotak tulisan FORMAT di bawah file name klik tanda panah ke bawah pilihlah format yang anda inginkan, jangan lupa tulis nama filenya, sekaligus di forder mana anda akan meletakkan.

6.  Terakhir klik oke.. selesai. anda tinggal browser forder tersebut dan lihat hasilnya.
Selain cara di atas, ada lagi, tapi hasilnya tidak maksimal yakni dengan menfotho ketikan Arab yang kita buat di word,juga menggunakan aplikasi Photo shop.

Sekian semoga bermanfaat.

  



Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda