MagzNetwork

Ilmu dan harta

Diposting oleh Mastindi | 18.03 | | 0 komentar »


Ada yang mengatakan ungkapan di atas bukan hadits tapi atsar (ucapan sahabat) bahkan mauedzah nasihat ulama, namun yang jelas secara logika ungkapan tersebut sangat masuk akal bila kita kaitkan dengan fenomena kehidupan kita sehari hari.

Pertama :masalah ekonomi, betapa besar pengaruhnya ekonomi bahkan sebuah negara sehebat apapun bila dilanda masalah ekonomi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sang pemimpin akan anjlok , bahkan keamanan akan tidak stabil, karena kemiskinan terjadi di mana mana.

Adapun dalam skala mikro , betapa banyak terjadinya kejahatan di latar belakangi masalah ekonomi, hancurnya rumah tangga, anak anak yang terlantar bahkan pendidikan yang terbengkalai berpangkal dari masalah ekonomi.

Dalam masalah Aqidahpun nabi sampai berwasiat :

“Kadal faqru ayyakuna Kufra (hampir-hampir kefakiran menjerumuskan kepada kekafiran)
Kedua : pengetahuan. Tidak kalah pentingnya yaitu pengetahuan atau ilmu, karena kebodohan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemiskinan dan  keterbelakangan, karena itulah wahyu yang pertama kali turun ialah, tentang pengetahuan, bahkan yang pertama kali diberikan kepada Adam sebelum diturunkan ke bumi alah pengetahuan, agar Adam dapat mengelola bumi.

Intinya bila seseorang atau sebuah negara kuat dalam dua hal pengetahuan dan ekonomi maka dunia mudah di kuasai.

Lebih penting dari keduanya tentunya ialah akhlaq yang harus menjadi kemasannya.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan keritik dan saran anda